Update !! DVD BSE (Buku Sekolah Elektronik)


Salam Sejahtera Untuk Pengunjung BSE-Indo

Melihat perkembangan jumlah data eBook Buku Sekolah Elektronik yang sudah mencapai hampir 1000 judul, maka kami berinisiatif untuk memperbanyak dalam bentuk DVD dengan daya tampung data yang lebih besar.

Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia juga di situs Kemdiknas di http://bse.kemdiknas.go.id/ dan di situs ini. Buku-buku tersebut diberi nama Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE.

Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008.

Kami menyadari bahwa tak semua masyarakat mempunyai koneksi internet yang memadai untuk mengunduh ratusan file tersebut. Kalaupun punya internet, tapi kendala waktu juga ada. Sebab dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendownload semua eBook BSE

Maka kami BSE-Indo berinisiatif menggandakan BSE dalam bentuk DVD dan siap mendistribusikannya kepada Pihak Sekolah, Siswa dan Masyarakat Umum lainnya. Paket DVD BSE ini dikemas dalam cover berisi 2 DVD 8.6 Gb

Rinciannya sbb ;
1. Buku BSE SD >> 355 judul
2. Buku BSE SMP >> 189 judul
3. Buku BSE SMA >> 215 judul
4. Buku BSE SMK >> 224 judul

Biaya penggantian 2 DVD berisi total 983 judul buku tersebut sebesar Rp 95.000,-(sudah termasuk ongkos kirim kemana saja di Indonesia dengan Pos Khusus).

DVD 1 berisikan: DATA BSE SD, SMP serta Winrar dan PDF Reader

DVD 2 berisikan: DATA BSE SMA, SMK serta eBook dan Aneka Freeware Penunjang Belajar untuk siswa SD - SMA

TERIMA KASIH......

Lomba Karya Tulis Publikasi Keaksaraan Bagi Wartawan / Umum

Direktorat Pendidikan Mayarakat, Direktorat jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), akan menyelenggarakan Penghargaan Publikasi Keaksaraan bagi Wartawan/Umum dalam rangka pencitraan program pendidikan keaksaraan.

Karya Tulis sudah diterima oleh panitia paling lambat pada tanggal 20 Agustus 2010 cap pos dan dikirimkan kepada:


Panitia Penghargaan Publikasi Keaksaraan bagi Wartawan/Umum

Direktorat Pendidikan Masyarakat

u.p Subdit Pendidikan Keaksaraan

Gedung E lantai 6

Jl. Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta

Telp. 021-5725715, Fax. 021-5725039 atau melalui

Email: aksara_dikmas@yahoo.co.id atau dikmas.aksara@gmail.com


Untuk informasi lebih lanjut dapat di unduh dibawah ini.

Download Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Tentang Jabatan Fungsional Guru

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara

Nomor 03/V/PB/2010

Nomor 14 Tahun 2010

Tentang

Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Untuk informasi salinan peraturan dapat di unduh dibawah ini :

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala BKN No 14 Tahun 2010

Download Instrumen Pendataan Pendidikan Laporan Individual Persekolahan Tahun 2010/2011

Bagi Bapak/Ibu. Saudara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota
u.p. Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK-Datadik)
di Seluruh Indonesia dan Instansi/perorangan terkait.

Bersama ini, kami beritahukan bahwa untuk memudahkan proses pendataan pendidikan, Pusat Statistik Pendidikan (PSP) menyediakan format Excel instrumen pendataan laporan individual (LI) persekolahan untuk tahun pendataan pendidikan 2010/2011. Format LI tersebut dapat diunduh (download) pada tautan yang terdapat di bawah ini:


Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama kami ucapkan terima kasih.

Kepala PSP,
Ade Cahyana
NIP. 195011081978031001

Pemindahan Alamat Email Kementerian Pendidikan Nasional

27 Juli 2010

Yth

Pengguna Mail Depdiknas

Seiring adanya pergantian domain dari depdiknas.go.id menjadi kemdiknas.go.id, maka kami pun melakukan migrasi mail server yang sebelumnya url http://mail.depdiknas.go.id, menjadi urlhttp://mail.kemdiknas.go.id, hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa dari mail server.

User name dan password login tetap sama dengan yang di gunakan dihttp://mail.depdiknas.go.id, dan untuk data account mail depdiknas, masih tetap ada di server mail yang lama yang dapat di akses dihttp://maildiknas.kemdiknas.go.id. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Untuk penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi kami diadmin@kemdiknas.go.id atau idc@pustekkom.kemdiknas.go.id

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat Kami


Admin Mail Kemdiknas

Mengenal BSE ( Buku Sekolah Elektronik )

Sudah pernah dengar BSE?

Mungkin sudah dan sangat akrab di telinga kita semua. BSE disini adalah singkatan Buku Sekolah Elektronik.

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Buku-buku teks pelajaran SD, SMP, SMA dan SMK yang telah dinilai dan dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan di dalam proses pembelajaran oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008.

Buku-buku yang hak ciptanya telah dimiliki oleh Departemen Pendidikan Nasional tersebut kemudian dialihformatkan oleh Pustekkom menjadi buku elektronik (e-book) yang penyebarluasannya dilakukan melalui media web BSE yang beralamat di bse.depdiknas.go.id dan cakram digital(CD/DVD).

Seluruh buku telah diunggah (upload) ke web BSE dan saat ini buku-buku tersebut dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialih-mediakan, atau difotokopi secara bebas oleh masyarakat.

Namun untuk penggandaan yang bersifat komersial, maka harga penjualannya harus memenuhi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan melalui Jardiknas diharapkan buku-buku teks pelajaran murah ini mudah diakses oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun Sekolah Indonesia yang berada di luar negeri.

Dari tahun ke tahun jumlah buku teks pelajaran tersebut akan ditambah sehingga kebutuhan masyarakat terhadap buku murah dapat terpenuhi. Disamping menyediakan buku murah sendiri, Departemen Pendidikan Nasional menyambut baik dukungan dan sumbangan buku-buku teks pelajaran lain dari lembaga atau mitra kerja.

Salah satu mitra yang telah memberikan perhatian pada upaya untuk menyediakan buku teks pelajaran adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi yang pada tahun 2008 ini telah bersedia menghibahkan hak cipta 6 (enam) buah buku teks pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Open Source untuk SMA kelas X, XI dan XII kepada Departemen Pendidikan Nasional. Buku-buku tersebut akan diunggah dan disebarluaskan melalui web BSE sehingga masyarakat nantinya dapat mengunduh, menggandakan, mencetak, mengalihmediakan, atau memfotokopinya kapan saja dan dimana saja.

Nah, sekilas tujuan BSE adalah meminimalkan harga cetak bagi yang ingin mencetak BSE dalam format hard Copy (berbentuk buku secara fisik).

Download Pengumuman SNMPTN 2010

SNMPTN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dengan menggunakan soal yang sama atau setara dan diselenggarakan secara serentak.

SNMPTN 2010 tetap dilaksanakan dalam semangat untuk memperluas akses masyarakat di seluruh Indonesia untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Untuk menjamin kredibilitas seleksi, Panitia SNMPTN 2010 berupaya keras untuk meningkatkan mutu pelaksanaannya. Salah satu bentuk perbaikan dan penyempurnaan mekanisme pelaksanaan SNMPTN 2010 adalah diterapkannya sistem pendaftaran secara online untuk pertama kalinya.

Download Selengkapnya disini >>

98.000 SD di Indonesia belum Punya Perpustakaan

98.000 SD di Indonesia belum Punya Perpustakaan

Senin, 05 Juli 2010 08:00 WIB
Penulis : Liliek Dharmawan

PURWOKERTO--MI: Tidak kurang dari 98 ribu sekolah dasar (SD) di Indonesia belum memiliki perpustakaan, daritotal SD mencapai 148 ribu. Secara bertahap, pemerintah akan membangun perpustakaan, selain membangun gedung sekolah yang rusak.

Direktur Pembinaan TK dan SD Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Mudjito mengakuai bahwa dari 148 ribu SD di Indonesia, yang memiliki perpustakaan baru sekitar 30%. Pemerintah sudah memiliki program pembangunan perpustakaan secara bertahap, karena masih ada 70% dari 148 ribu SD yang belum memiliki perpustakaan, jelas Mudjito usai peresmian renovasi SD di Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) yang dibiayai oleh Yayasan Tileng Belanda, Sabtu (3/7).

Dijelaskan Mudjito, sampai akhir tahun 2009 sebanyak 50 ribu SD telah mempunyai perpustakaan. Tahun ini, pemerintah akan membangun sekitar 20 ribu perpustakaan lagi. Tahun depan, juga ada 20 ribu perpustakaan. Secara total, pembangunan perpustakaan untuk 98 ribu sekolah diharapkan selesai
pada tahun 2015 mendatang, janjinya.

Untuk membangun ruangan perpustakaan beserta isinya membutuhkan anggaran sekitar Rp250 juta. Bagi SD yang belum memiliki ruangan perpustakaan, maka akan dibantu pembangunannya. Tetapi kalau bangunan sudah ada, pemerintah tinggal membantu pengadaan buku-buku untuk mengisi perpustakaan.

Pembangunan perpustakaan itu, kata Mudjito, akan berbarengan dengan pembangunan atau perbaikan sekolah yang rusak. Hingga kini, lanjutnya, hanya tinggal 9% dari 148 ribu SD yang masih rusak. Tahun 2003 silam, SD yang rusak berkisar 40% dari 148 ribu. Setelah lebih dari enam tahun pemerintah memberikan bantuan pembiayaan perbaikan dan pembangunan sekolah yang rusak, maka kini hanya tinggal 9% saja. Pemerintah akan terus memberikan bantuan biaya bagi pembangunan seluruh SD rusak, cetusnya. (LD/OL-8)

Sumber: Media Indonesia Online



br /> Related Posts with Thumbnails

Entri Populer