Update !! DVD BSE (Buku Sekolah Elektronik)


Salam Sejahtera Untuk Pengunjung BSE-Indo

Melihat perkembangan jumlah data eBook Buku Sekolah Elektronik yang sudah mencapai hampir 1000 judul, maka kami berinisiatif untuk memperbanyak dalam bentuk DVD dengan daya tampung data yang lebih besar.

Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia juga di situs Kemdiknas di http://bse.kemdiknas.go.id/ dan di situs ini. Buku-buku tersebut diberi nama Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE.

Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008.

Kami menyadari bahwa tak semua masyarakat mempunyai koneksi internet yang memadai untuk mengunduh ratusan file tersebut. Kalaupun punya internet, tapi kendala waktu juga ada. Sebab dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendownload semua eBook BSE

Maka kami BSE-Indo berinisiatif menggandakan BSE dalam bentuk DVD dan siap mendistribusikannya kepada Pihak Sekolah, Siswa dan Masyarakat Umum lainnya. Paket DVD BSE ini dikemas dalam cover berisi 2 DVD 8.6 Gb

Rinciannya sbb ;
1. Buku BSE SD >> 355 judul
2. Buku BSE SMP >> 189 judul
3. Buku BSE SMA >> 215 judul
4. Buku BSE SMK >> 224 judul

Biaya penggantian 2 DVD berisi total 983 judul buku tersebut sebesar Rp 95.000,-(sudah termasuk ongkos kirim kemana saja di Indonesia dengan Pos Khusus).

DVD 1 berisikan: DATA BSE SD, SMP serta Winrar dan PDF Reader

DVD 2 berisikan: DATA BSE SMA, SMK serta eBook dan Aneka Freeware Penunjang Belajar untuk siswa SD - SMA

TERIMA KASIH......

Daftar Kode Plat Kendaraan Seluruh Indonesia

Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor.
Plat nomor juga disebut plat registrasi kendaraan, atau di Amerika Serikat dikenal sebagai plat izin (license plate). Bentuknya berupa potongan plat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi.
Biasanya plat nomor jumlahnya sepasang, untuk dipasang di depan dan belakang kendaraan
Kadang kita merasa bingung pengen tau kendaraan ini asalnya dari mana… DK ini punya mana ya, DR ini punya mana ya…
Apalagi di jaman sekarang, anak anak muda sudah kayaknya ga mau tau soal kode kode plat nkendaraan. Padahal paling ga mereka bisa menambah wawasan.
Buat kalian semua, ini kode plat kendaraan seluruh Indonesia :
BL = Nanggroe Aceh Darussalam
BB = Sumatera Utara Bagian Barat (Tapanuli)
BK = Sumatera Utara
BA = Sumatera Barat
BM = Riau
BP = Kepulauan Riau
BG = Sumatera Selatan
BN = Kepulauan Bangka Belitung
BE = Lampung
BD = Bengkulu
BH = Jambi
A = Banten, Serang, Pandeglang, Cilegon, Lebak, sebagian Tangerang
B = DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok
D = Bandung,Cimahi, Bandung Barat
E = Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan
F = Bogor, Cianjur, Sukabumi
T = Purwakarta, Karawang, sebagian Bekasi, Subang
Z = Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, Banjar
G = Pekalongan, Tegal, Brebes, Batang, Pemalang
H = Semarang, Salatiga, Kendal, Demak
K = Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Grobogan
R = Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara
AA = Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung, Wonosobo
AB = Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo
AD = Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Klaten
L = Surabaya
M = Madura, Pamekasan, Sumenep, Sampang, Bangkalan
N = Malang, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Batu
P = Besuki, Bondowoso, Situbondo, Jember, Banyuwangi
S = Bojonegoro, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Jombang
W = Sidoarjo, Gresik
AE = Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan
AG = Kediri, Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Trenggalek
DK = Bali
DR = Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah
EA = Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima
DH = Kupang, TTU, TTS, Rote Ndao
EB = Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor
ED = Sumba Barat, Sumba Timur
KB = Kalimantan Barat
DA = Kalimantan Selatan
KH = Kalimantan Tengah
KT = Kalimantan Timur
DB = Manado, Tomohon, Bitung, Bolaang Mongondow, Minahasa
DL = Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud
DM = Gorontalo
DN = Sulawesi Tengah
DT = Sulawesi Tenggara
DD = Sulawesi Selatan
DC = Sulawesi Barat
DE = Maluku
DG = Maluku Utara
DS = Papua dan Papua Barat

Kemajuan jaman yang juga diikuti dengan kemajuan teknologi tidak semuanya dan tidak selamanya memiliki dampak positif, di balik semua itu tentu saja juga ada dampak negatifnya. Dampak tersebut sebenarnya tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan teknologi tersebut.
Contoh deh.. Salah satu contoh kemajuan teknologi yaitu, tembus pandang. Yang dimaksud cermin tembus pandang disini adalah cermin yang pada bagian mukanya seolah-olah adalah sebuah cermin biasa namun pada sisi belakang cermin kalau kita lihat akan berupa kaca transparan seperti kaca jendela.
Cermin tersebut tentunya dibuat dengan tujuan baik salah satunya misalnya dipasang disebuah minimarket yang diletakkan ditempat yang hampir semua orang bisa melihatnya begitu juga orang yang berada dibalik cermin tersebut. Pemasangan tersebut tentunya dengan tujuan untuk mengawasi semua orang yang masuk ke minimarket tersebut untuk mencegah/mengetahui bila ada pencuri/pengutil barang yang ada di minimarket tersebut.
Namun saat ini penggunaan cermin tembus pandang tersebut tidak hanya untuk membantu mengawasi sebuah minimarket maupun tujuan positip lainnya. Melainkan sudah digunakan untuk tujuan melihat kegiatan yang sifatnya negatif.
Kalian mungkin sudah sering mendengar adanya tayangan video tersembunyi/candid camera dari kalangan artis maupun orang biasa yang diambil/direkam disebuah kamar ganti. Yang menjadi sasaran oknum-oknum tersebut tentu saja kebanyakan adalah para cewek-cewek.
Sadar atau ga sadar sebenarnya kita bisa saja sudah menjadi salah satu korbannya. Hampir di  semua tempat mulai Mall, Hotel, Restoran, Perkantoran, Kampus dan Tempat-Tempat umum lainnya pasti anda akan menemui yang namanya cermin, baik yang berada ditempat terbuka maupun tempat tertutup misalnya kamar pas/kamar ganti, kamar kecil, maupun kamar hotel. Nah sekarang kalian yakin gak kalau cermin-cermin tersebut adalah cermin biasa??? Jangan-jangan itu adalah cermin tembus pandang yang dipasang untuk mengawasi aktivitas privasi kita??? Nah loh…
Maka dari itu coba baca dulu deh ini, cara agar kalian dapat membedakan apakah cermin yang  ada didepan kalian adalah cermin biasa atau malah cermin tembus pandang. Tipsnya sangat sederhana sekali yakni dengan menggunakan jari telunjuk. Caranya seperti ini :
1. Tempelkan jari telunjuk di permukaan cermin.
2. Amati ujung kuku jari dengan bayangan yang dihasilkan oleh cermin tersebut.
3. Apakah ujung kuku jari dengan bayangannya terdapat gap/jarak beberapa milimeter atau malah saling menempel satu sama lain.
4. Jika ujung kuku jari dengan bayangannya dipisahkan jarak beberapa millimeter (Tergantung ketebalan kacanya) berarti itu adalah cermin biasa.
5. Namun jika ujung kuku jari dengan bayangannya saling menempel satu sama lain berarti itu adalah cermin tembus pandang, sebaiknya kalian segera deh tinggalin ruangan tersebut untuk menghindari mata-mata yang mengintai aktivitas privasi kalian.

Contoh :
Cermin Biasa
Cermin Biasa
Cermin Tembus Pandang
cermin tembus pandang
ilustrasi bayangan cermin
Pada cermin biasa, lapisan yang bisa memantulkan bayangan obyek berada pada sisi belakang cermin tersebut sehingga bila ada obyek yang ditempelkan dipermukaan cermin tersebut menyebabkan antara obyek dengan bayangannya akan terdapat gap/jarak tergantung ketebalan cermin tersebut.
Sedangkan untuk cermin tembus pandang bagian yang bisa memantulkan bayangan obyek didepannya berada pada bagian permukaan cermin, oleh sebab itu bayangan yang terbentuk akan saling bersentuhan bila obyek ditempelkan persis dipermukaan cermin.
Jadi, kira-kira seperti itu penjelasaan cara membedakan cermin biasa dengan cermin tembus pandang.

Sebuah kabar gembira bagi guru dan siswa karena Juknis dan POS UN – Petunjuk Operasional Ujian Nasional tahun 2011 sudah diterbitkan Kemendiknas. Berbagai upaya telah dilakukan para guru dan siswa untuk menyambut dan mensukseskan UN tahun 2011. Tetapi ada juga beberapa guru yang belum siap menyambut Ujian Nasioan 2011.
Bagi Anda baik kepala sekolah, Guru, siswa maupun orang tua yang memperhatikan pendidikan anaknya ini kami berikan file download POS Petunjuk Operasional Standar Ujian nasional tahun 2011 kepada Anda. Kami harapkan semua dapat berjalan lancar tanpa dikotori dengan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

File Download yang kami sediakan disini berupa

  1. Permendiknas nomor 46 tahun 2010 tentang ujian nasional tahun 2011 – Download disini
  2. Prosedur Operasional Standar (POS) UN tahun 2011 – Download disini
  3. Kisi-kisi soal ujian nasional tahun 2011 – Download disini
  4. Permendiknas no 45 th 2010 tentang Kriteria Kelulusan ujian nasional tahun 2011 – Download disini
Kesemua file tersebut resmi, silahkan download jika Anda benar-benar menginginkannya dan dilarang untuk dijual belikan. Kami berharap informasi apa yang kami berikan tersebut bermanfaat untuk Anda dan pendidikan di Indonesia.

1. Dimensi ke-1 (1 dimensi)


Koordinat :



2. Dimensi ke-2 (2 dimensi)



Koordinat :



3. Dimensi ke-3 (3 dimensi)

3 dimensi ini dapat dilihat dari tiga sudut, sisi panjang, lebar, dan tinggi. Contohnya adalah sebuah bangunan atau bidang yang ber-volume. Hubungannya dengan 2 dimensi adalah dapat dilihat dari satu sisi lagi. Untuk koordinatnya, 3 dimensi ini bersumbukan x, y, dan z.



Koordinat :



4. Dimensi ke-4 (4 dimensi)

Dimensi 4 telah diterapkan pada medis-medis di dunia, yaitu dalam penggunaan USG. 4 dimensi ini adalah 3 dimensi yang dapat ditembus. Contoh yang lebih mudah adalah kalian dapat melihat sebuah aqua gelas dari sisi luar yang masih ful berisi air. Inilah sudut pandang kita terhadap dimensi ke-4, menembus dimensi 3. Untuk koordinatnya, 4 dimensi adalah sebuah garis yang menembus antara sumbu x, y, dan z.



Koordinat :



5. Dimensi ke-5 (5 dimensi)

Dimensi ke-5 ini menurut saya adalah sebuah hologram. Hologram ini benar-benar hidup, alias seperti nyata. Berbentuk 3 dimensi, dapat tersentuh, kita dapat melihat isi dari 3 dimensi tersebut dari luar, dan ini dapat kita tembus.


Di Bank Indonesia ini sudah diterapkan. Bila anda masuk ke lobby di BI, anda bisa masuk ke dalam sebuah museum disana. Didalam museum ini anda dapat melihat koin-koin yang berterbangan dan merupakan sebuah hologram 5 dimensi. Anda dapat menyentuhnya, menggesernya, bahkan di hologram ini memiliki fitur untuk melihat sejarah uang tersebut.



Koordinat :




sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5561465

Contoh Soal Psikotes

Penguasaan terhadap soal psikotes sangat penting, terutama dalam dunia kerja. Berikut ini contoh soal psikotes yang bisa menjadi rujukan. Untuk menguasai soal psikotes anda harus sering berlatih sama dengan aktifiitas fisik kita. Karena sudah menjadi syarat mutlak dalam proses rekruitmen karyawan baik dalam lembaga pemerintahan maupun perusahaan swasta anda harus melalui tahapan ini.
 
Berikut ini contoh soal psikotes, semoga bisa membantu bagi yang sedang mencari pekerjaan.
Latihan Psikotes – Analogi Verbal (Korelasi Makna)
Latihan psikotes analogi verbal ini ditujukan untuk melihat pemahaman anda terhadap hubungan antar kata. Dampak positifnya adalah kemampuan memahami permasalahan 1. Mobil – Bensin = Pelari – ….   a. Makanan   b. Sepatu   c. Kaos   d. Lintasan
2. Dingin – Selimut = Hujan – ….   a. Air   b. Payung   c. Dingin   d. Basah
3. Semir – Sepatu = Sikat – ….   a. Kuku   b. Rambut   c. Televisi   d. Gigi
4. Kepala – Pusing = Perut – ….   a. Batuk   b. Pilek   c. Mules   d. Gemuk
5. Bugil – Pakaian = Gundul – ….   a. Botak   b. Kepala   c. Cukur   d. Rambut
6. Kayu – Pohon = Emas – ….   a. Tambang   b. Perhiasan   c. Mahal   d. Logam
7. Saya – Kami = Dia – ….   a. Kamu   b. Mereka   c. Anda   d. Kita
8. Kumis – Kucing = Belalai – ….   a. Ular   b. Harimau   c. Gajah   d. Hidung
9. Reguler – Senin = Karyawan – ….   a. Selasa   b. Rabu   c. Minggu   d. Jumat
10. Busur – Panah = Senapan – ….   a. Peluru   b. Senjata   c. Berbahaya   d. Tembakan
11. Ayah – Anak = Pohon – ….   a. Daun   b. Tunas   c. Ranting   d. Akar
12. Es – Dingin = Gula – ….   a. Bubuk   b. Kristal   c. Tebu   d. Manis
13. Pintar – Belajar = Bodoh – ….   a. Cerdas   b. Rajin   c. Dosen   d. Malas
14. Terbang – Burung = Jalan – ….   a. Jauh   b. Singa   c. Lebah   d. Kupu-kupu
15. Mobil – Roda = Rumah – ….   a. Pondasi   b. Tanah   c. Jendela   d. Atap
16. Bulan – Bumi = Yupiter – …   a. Venus   b. Orbit   c. Matahari   d. Bulan
17. Februari – April = Mei – ….   a. Juli   b. Agustus   c. September   d. Oktober
18. Ekspor – Pergi = Impor – ….   a. Luar   b. Dagang   c. Masuk   d. Asing
19. Mobil – Bensin = Perahu – ….   a. Laut   b. Angin   c. Ombak   d. Kayu
20. Mikroskop – Mikroba = Teleskop – ….   a. Bakteri   b. Bioskop   c. Teropong   d. Bintang__________________________________________________
Latihan Psikotes – Antonim (Lawan Kata) – Kemampuan Verbal
Latihan psikotes kemampuan verbal – antonim (lawan kata) ditujukan untuk mampu melihat kebenaran secara terbalik, sekaligus melihat wawasan seseorang. Yang dimaksud kebenaran secara terbalik, bahwa seseorang mengetahui sesuatunya benar atau salah tidak hanya secara fenomenologis, tetapi dapat juga secara dialektis.
1. ABOLISI
>< ….   a. Keringanan   b. Pemberatan   c. Pengurangan   d. Pemotongan
2. ABSEN
>< ….   a. Sakit   b. Masuk   c. Ijin   d. Hadir
3. AKTUAL
>< ….   a. Kadaluwarsa   b. Nyata   c. Lama   d. Baru
4. AKURAT
>< ….   a. Teratur   b. Sembarangan   c. Ceroboh   d. Meleset
5. ANTAGONIS
>< ….   a. Setingkat   b. Selaras   c. Seimbang   d. Searah
6. ANTIPATI
>< ….   a. Apatis   b. Peduli   c. Simpati   d. Acuh
7. ASLI
>< ….   a. Tiruan   b. Orisinil   c. Autentik   d. Murni
8. CHAOS
>< ….   a. Labil   b. Hancur   c. Normal   d. Kacau
9. DIALOG
>< ….   a. Monolog   b. Prolog   c. Epilog   d. Interaktif
10. GAGAL
>< ….   a. Batal   b. Bahaya   c. Berhasil   d. Berguna
11. GASAL
>< ….   a. Ganjil   b. Semester   c. Tunggal   d. Genap
12. GERSANG
>< ….   a. Subur   b. Kering   c. Tandus   d. Kemarau
13. GRATIS
>< ….   a. Bayar   b. Hutang   c. Tunai   d. Lunas
14. HETEROGEN
>< ….   a. Harmonis   b. Selaras   c. Multi   d. Homogen
15. INSIDENTAL
>< ….   a. Rutin   b. Khusus   c. Tertentu   d. Istimewa
16. INTRODUKSI
>< ….   a. Pendahuluan   b. Pengantar   c. Preambul   d. Penutup
17. JUMBO
>< ….   a. Besar   b. Super   c. Bangkok   d. Kecil
18. KOHESI
>< ….   a. Agresi   b. Adhesi   c. Swadesi   d. Asimilasi
19. KOLEKTIF
>< ….   a. Selektif   b. Bersama-sama   c. Individual   d. Terpisah
20. KONDUKTOR
>< ….   a. Penerima   b. Penyalur   c. Penghambat   d. Pemutus_________________________________________________
Latihan Psikotes – Antonim Sinonim
Latihan psikotes antonim (lawan kata) dan sinonim (persamaan/padanan makna/kata) merupakan bagian dari tes kemampuan verbal. Yang ditujukan untuk mengukur tingkat kewaspadaan dan kecermatan terhadap suatu indikasi yang sama/mirip, sekaligus mengukur wawasannya, dan mengukur kemampuan dalam melihat kebenaran secara terbalik    1. canda — kelakar
2. kebal — rentan
3. mukadimah — pembukaan
4. praktek — teori
5. pailit — bangkrut
6. elastis — kaku
7. imitasi — asli
8. institusi — lembaga
9. primitif — modern
10. pro — kontra
11. sel — bui
12. adaptasi — penyesuaian
13. jual — beli
14. maksimal — minimal
15. antipati — simpati
16. kandidat — calon
17. konvensi — kesepakatan
18. realitas — maya
19. analogi — persamaan
20. datang — pergi

Update:
Download juga tambahan filenya disini:

KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) Offline Gratis

KBBI versi 1.1 ini merupakan versi offline dari KBBI Daring ( edisi III) yang ada di PusatBahasa (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/). 

Dibanding versi online Kamus ini mempunyai beberapa keunggulan, dan selain itu Kamus ini Gratis (freeware) dan bebas disebarluaskan dengan syarat tidak mengubah software. KBBI v1.1 ini bersifat portable sehingga tinggal download dan jalankan, tanpa perlu install.


Semoga KBBI offline ini bisa bermanfaat. Download dengan ukuran sekitar 3.2 MB 

DOWNLOAD disini >

Berikut alamat kantor dinas pendidikan tingkat provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia. Termasuk nomor telepon dan fax.

Silakan download disini >>


Alamat Kantor Gubernur Seluruh Indonesia

Bagi anda yang membutuhkan alamat kantor Gubernur di seluruh Indonesia.
 
Untuk mendownload alamat kantor gubernur seluruh Indonesia Klik Disini link ini >>

Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kota se-Indonesia

Daftar alamat website / situs resmi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia
1. http://www.badung.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kab. Badung
2. http://www.buleleng.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kab. Buleleng
3. http://www.jembrana.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kab. Jembrana
4. http://www.klungkung.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kab. Klungkung
5. http://www.tabanan.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kab. Tabanan
6. http://www.denpasar.go.id
Provinsi Bali: Website Resmi Kota Denpasar
7. http://www.bangka.go.id
Provinsi Bangka Belitung: Website Resmi Kab. Bangka
8. http://www.kabtangerang.go.id
Provinsi Banten: Website Resmi Kab. Tengerang
9. http://www.tangerangkota.go.id
Provinsi Banten: Website Resmi Kota Tengerang
10. http://www.bantul.go.id
Provinsi DI. Yogyakarta: Website Resmi Kab. Bantul
11. http://www.kulonprogo.go.id
Provinsi DI. Yogyakarta: Website Resmi Kab. Kulon Progo
12. http://www.sleman.go.id
Provinsi DI. Yogyakarta: Website Resmi Kab. Sleman
13. http://www.jogja.go.id
Provinsi DI. Yogyakarta: Website Resmi Kota Yogyakarta
14. http://barat.jakarta.go.id
Provinsi DKI Jakarta: Website Resmi Kota Jakarta Barat
15. http://pusat.jakarta.go.id
Provinsi DKI Jakarta: Website Resmi Kota Jakarta Pusat
16. http://selatan.jakarta.go.id
Provinsi DKI Jakarta: Website Resmi Kota Jakarta Selatan
17. http://timur.jakarta.go.id
Provinsi DKI Jakarta: Website Resmi Kota Jakarta Timur
18. http://utara.jakarta.go.id
Provinsi DKI Jakarta: Website Resmi Kota Jakarta Utara
19. http://www.gorontalo.go.id
Provinsi Gorontalo: Website Resmi Kota Gorontalo
20. http://www.sorong.go.id
Provinsi Irian Jaya Barat: Website Resmi Kab. Sorong
21. http://www.bungokab.go.id
Provinsi Jambi: Website Resmi Kab. Bungo
22. http://www.merangin.go.id
Provinsi Jambi: Website Resmi Kab. Merangin
23. http://www.muarojambi.go.id
Provinsi Jambi: Website Resmi Kab. Muaro Jambi
24. http://pemkab-tanjungjabungbarat.go.id
Provinsi Jambi: Website Resmi Kab. Tanjung jabung Barat
25. http://www.kotajambi.go.id
Provinsi Jambi: Website Resmi Kota Jambi
26. http://www.kabbandung.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Bandung
27. http://www.kab-bekasi.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Bekasi
28. http://www.ciamis.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Ciamis
29. http://www.cianjur.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Cianjur
30. http://www.kabcirebon.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Cirebon
31. http://www.garut.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Garut
32. http://www.indramayu.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Indramayu
33. http://www.karawang.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Karawang
34. http://www.kuningan.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Kuningan
35. http://www.purwakarta.go.id
Provinsi Jawa Barat: Website Resmi Kab. Purwakarta

Selengkapnya silakan DOWNLOAD disini >>

50 Ribu Beasiswa bagi Calon Mahasiswa Miskin

 
 
Depok --Kementerian Pendidikan Nasional tahun ini akan memberikan beasiswa bagi 50 ribu orang calon mahasiswa dari keluarga miskin atau ekonomi bawah. Kuota tersebut berasal dari beasiswa BIDIK MISI 2011, dan dari masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).







Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyampaikan, tahun ini pemerintah akan memberikan sebanyak 20 ribu beasiswa BIDIK MISI. Mulai tahun ini juga, setiap PTN berkewajiban memberikan kuota 20 persen untuk calon mahasiswa kurang mampu. "Tahun ini harapannya bisa 50 ribu (beasiswa)," katanya saat mengunjungi mahasiswa penerima beasiswa BIDIK MISI di Depok, Jawa Barat, Kamis (3/2).

Mendiknas menyampaikan, BIDIK MISI telah dijalankan sejak tahun lalu. Program ini memberikan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang memadai, tetapi kurang mampu secara ekonomi untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah. Dari 20 ribu kuota yang diberikan tahun lalu, terserap 19.600-an atau 98-99 persen. "Kurang 300-an yang tidak terserap. Karena bisa jadi jurusannya tidak cocok, sehingga dia (calon mahasiswa) tidak mau," katanya.

Harga satuan bantuan biaya pendidikan tahun 2011 sebanyak Rp6 juta per mahasiswa per semester yang terdiri atas bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa, dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan. Sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa sekurang-kurangnya sebesar Rp600 ribu per bulan. Adapun bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebanyak-banyaknya Rp2,4 juga per semester per mahasiswa.

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama delapan semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama  enam semester untuk program Diploma III. Untuk program studi yang memerlukan pendidikan keprofesian atau sejenis, perpanjangan pendanaan diupayakan oleh perguruan tinggi penyelenggara.

Zamaludin, penerima beasiswa BIDIK MISI 2010 pada Departemen Sains dan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) mengaku senang dapat kuliah di IPB, melalui program beasiswa ini. Di kampungnya Babakan Tangkil Gunung Menyah Kecamatan Pamijahan, Bogor, dia menjadi satu-satunya yang kuliah di IPB. "Tidak bayar karena bayarnya lewat beasiswa," ujarnya.

Pada kunjungannya, Mendiknas juga memberikan semangat kepada para penerima beasiswa di antaranya Yun Istatik, penerima beasiswa BIDIK MISI di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), M. Adinda Rizki R Ilmu Politik UI, Ayu Masayu Alisa R. Sastra Belanda UI, dan Nunuh Sulaeman berasal dari Kampung Batu Belah Desa Situ Udik Kecamatan Cibungbunglang, Bogor.

Selama ini berbagai macam beasiswa telah diberikan pemerintah di antaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PPE), dan Bantuan Mengikuti Ujian (BMU). (agung)

Sehubungan dengan surat Kepala Biro Perencanaan dan KLN kepada Kepala Biro Umum Nomor 1432/A2/3/LN/2011 tanggal 10 Januari 2011 diberitahukan bahwa saat ini dibuka tawaran beasiswa Fulbright Humphrey programs for 2012.

Pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional dapat mendaftar ke Biro Perencanaan dan KLN gedung C Lantai 6 paling lambat 15 April 2011 dengan persyaratan mengisi formulir pendaftaran, daftar riwayat hidup, nilai TOEFL/GMAT dan rekomendasi dari pimpinan.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui website www.aminef.or.id atau menghubungi Program Officer AMINEF, Sdr. Adeline Widyastuti (adeline@aminef.or.id).

Formula Baru Ujian Nasional 2011

oleh: DANIEL HERMAWAN

BEBERAPA waktu lalu, isu seputar perubahan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh kalangan akademisi. Keputusan pemerintah untuk mengubah tata cara dan pola penilaian kelulusan menjadi kontroversi di kalangan pelajar dan guru. Pemerintah mela-kukan perubahan besar-besaran, baik dari segi operasional, kriteria kelulusan, dan penghitungan nilai kelulusan.

UN sendiri akan dilaksa-nakan pada tanggal 18 - 21 April 2010 untuk tingkat SMA dan MA. Sementara untuk tingkat SMP dan MTs, akan diselenggarakan pada 25 - 28 April 2011. Tanggal 10 - 12 Mei 2011, giliran pelajar SD dan MI. Adapun ujian susulan bagi siswa/i yang berhalangan atau sakit pada UN Utama, akan dilaksanakan seminggu setelah UN Utama berlangsung. Tahun 2011, ujian ulangan yang diadakan pada UN tahun 2010 ditiadakan.

Perubahan signifikan yang dapat kita lihat dari Ujian Nasional 2011 adalah jumlah hari pelaksanaan UN. Jika sebelumnya, UN untuk tingkat SMA dan MA berlangsung selama 5 hari, UN 2011 hanya dilaksanakan selama 4 hari. Di samping itu, sekolah juga kini turut andil dalam menentukkan kelulusan siswa. Nilai Ujian Sekolah dan UN akan digabung untuk ditentukan menjadi nilai kelulusan siswa.

Formula perhitungan yang digunakan pemerintah dalam menentukan kelulusan adalah nilai UN yang memiliki bobot 60%, sementara Ujian Sekolah berbobot 40%. Penilaian Ujian Sekolah pun dibagi da-lam 2 bagian, yakni nilai rapor semester 3, 4, dan 5 berbobot 40% dan nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) sendiri bernilai 60%. Kedua nilai ini akan digabung dan dirata-rata untuk diolah menjadi nilai kelulusan. Sementara itu, standar nilai UN masih berada pada nilai 5,5. Sebelumnya, beredar rumor bahwa pemerintah akan menaikkan standar nilai menjadi lebih tinggi.

Keputusan dan kebijakan Ujian Nasional 2011 dari pemerintah yang cenderung lambat diinformasikan kepada sekolah membuat sekolah bingung dalam mempersiapkan UN. Materi Standar Lulusan Kompetensi (SKL) Ujian Nasional 2011 yang dikeluarkan secara mendadak membuat persiapan sekolah dalam mengejar materi pelajaran menjadi tergesa-gesa. Tentu hal ini harus dibenahi pemerintah agar siswa/i dapat mempersiapkan UN dengan sebaik-baiknya.

Sebagai seorang pelajar yang akan mengikuti UN, penulis rasa kebijakan Ujian Nasional 2011 patut diapresiasi karena pemerintah berkaca dari pelaksanaan UN sebelumnya. Pemerintah kini memperhatikan nilai Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Hal ini saya acu-ngi jempol karena proses selama kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah juga turut menjadi acuan untuk menentukan kelulusan siswa dan tidak hanya ditentukan oleh hasil UN. Siswa pun dapat dengan tenang dan tidak perlu khawatir mempersiapkan UN karena memikirkan nilai kelulusan.

Di samping itu, pengawasan dan karantina yang dilakukan pemerintah pada tempat percetakan soal UN juga merupakan langkah yang baik untuk mencegah kecurangan atau kebocoran soal UN yang selama ini sering terjadi. Ujian ulangan yang ditiadakan juga merupakan kemajuan berarti karena dapat menghemat waktu pelaksanaan UN dan pengolahan nilai kelulusan menjadi lebih efektif dan cepat. Siswa pun akan mempersiapkan diri mengikuti UN Utama dengan sebaik-baiknya.

Pemerintah juga memberikan kebijakan baru yang menguntungkan peserta UN, seperti jalur Seleksi Masuk Nasi-onal Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) yang dilaksanakan sesudah pelaksanaan UN. Siswa yang berminat masuk perguruan tinggi negeri favorit pun dapat fokus mempersiapkan Ujian Nasional 2011. Saya melihat banyak kemajuan berarti yang pemerintah lakukan dari pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2010.

Penulis berharap, Ujian Nasional 2011 dapat memberikan dampak berarti bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Tidak hanya mencetak lulusan dengan nilai terbaik, tetapi juga menanamkan nilai kejujuran dan moralitas yang baik ketika kelak mereka berada di masyarakat. Semoga formula baru yang telah disusun pemerintah dapat memberikan kemudahan dan kelancaran bagi semua pihak yang terlibat dalam Ujian Nasional 2011. Selamat mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional 2011! (Penulis, pelajar kelas XII-A IPA, SMAK 1 BPK Penabur Bandung)**





Related Posts with Thumbnails

Entri Populer